7 Kebiasaan yang akan mempengaruhi efektifitas kita dalam bekerja maupun menjalani hidup ini menjadi menarik untuk dipelajari. Sekolah Bisnis menyelenggarakan pelatihan untuk para tenaga kependidika di lingkungan IPB dengan jadwal sebagai berikut :

  • Pertemuan 1 – 29 September 2020 : 08:00 – 12:00 : Prinsip Dasar; Kebiasaan 1
  • Pertemuan 2 – 30 September 2020 : 08:00 – 12:00 : Kebiasaan 2 ; Kebiasaan 3
  • Pertemuan 3 – 1 Oktober 2020 : 08:00 – 12:00 : Kebiasaan 4 ; Kebiasaan 5
  • Pertemuan 4 – 2 Oktober 2020 : 07:30 – 11:30 : Kebiasaan 6 ; Kebiasaan 7

Beberapa resume materi Hari #1 sebagai berikut :

Dr. Stephen R. Covey diakui sebagai salah satu dari dua puluh lima orang Amerika paling berpengaruh di majalah TIME, Stephen Covey adalah pakar kepemimpinan yang disegani secara internasional, pakar keluarga, guru, konsultan organisasi, dan penulis. Buku-bukunya telah terjual lebih dari 40 juta kopi dalam 50 bahasa, dan 7 Kebiasaan Manusia yang Sangat Efektif dinobatkan sebagai Buku Bisnis Paling Berpengaruh No.1 di abad ke-20. Stephen Covey meninggal pada 16 Juli 2012.

Buku 7 Kebiasaan Manusia Yang Sangat Efektif merupakan salah satu hasil riset Dr. Stephen R. Covey mengenai kesuksesan. Beliau melakukan riset literatur dari ratusan buku orang-orang yang sukses dalam berbagai bidang seperti politik, kemasyarakatan, bisnis, keagamaan hingga para penemu dan innovator. Hasil kajian beliau menemukan ada 7 pola yang sama pada mereka yang beliau sarikan sebagai 7 Kebiasaan Yang Sangat Efektif.

Dengan menjalankan 7 Kebiasaan Yang Sangat Efektif, Anda akan dapat menjalani hidup dengan cara yang benar-benar efektif. Kebiasaan-kebiasaan ini saling menopang, menciptakan proses kesadaran diri, pertumbuhan dan perkembangan.  Individu-individu yang efektif memiliki kebiasaan yang efektif pula. Kebiasaan adalah pola perilaku dan mengekspresikan karakter Anda. Kebiasaan Anda dapat memberikan hasil yang efektif—atau sebaliknya. Ketika individu menjadi lebih efektif, mereka tumbuh dan berkembang menuju kesalingtergantungan—mampu bekerja sama dengan orang lain dengan lebih baik. Dengan menjalankan 7 Kebiasaan, Anda akan lebih efektif dalam menjalani hal-hal yang paling penting bagi Anda.

 

Habit 1 Menjadi Proaktif memiliki ciri sebagai berikut :

  1. Berhenti Sejenak Sebelum Memberikan Respon
  2. Gunakan Bahasa Proaktif
  3. Fokus Pada Lingkaran Pengaruh

Contoh Bahasa Proaktif:

  • “Saya Bisa”, “Saya Memilih”, “Saya menyesal, maafkan saya”, “Saya bisa menyelesaikannya”, “Pasti ada yang bisa kita lakukan”
  • Anda menjadi proaktif jika : tetap tenang, fokus pada solusi, dan bertanggung jawab

Contoh Bahasa Reaktif:

  • “Saya tidak bisa”, “Itu bukan pilihan saya”, “Itu bukan salah saya”, “Saya harus..”, “Kita tidak punya pilihan lain”, “Tidak ada yang bisa kita lakukan”, “Saya mah apa atuh cuma bubuk rangginang”.
  • Anda menjadi reaktif jika : “marah dan mengatakan hal-hal yang akan anda sesali”, “tidak bertanggung jawab dengan tindakan anda”, “menyalahkan orang lain dan lingkungan”.

Ubah Paradigma dengan tahapan : Lihat/See – Lakukan/Do – Dapatkan/Get

Jika kita tidak bisa mengubah lingkungan kepedulian, cobalah dengan mengubah lingkungan pengaruh, kumpulan data dan penuhi kebutuhan jadilah proaktif dengan tujuan mencari solusi. (YDI)