Orang yang efektif selalu memulai aktivitas-nya dengan suatu rencana yang jelas. Seseorang yang memiliki tujuan akhir bekerja secara efektif dan masih memiliki waktu luang dan seseorang yang bekerja tanpa rencana atau tujuan akhir akan sangat lelah dan bekerja tanpa henti. Perhatikan dampaknya dalam pekerjaan dan kehidupannya. Mulai dengan tujuan akhir akan membantu anda dalam memilih respon anda pada saat-saat sulit.

1. PENCIPTAAN MENTAL

2. PENCIPTAAN FISIK

Anda akan lebih efektif bila Anda menentukan hasil yang ingin dicapai terlebih dahulu sebelum bertindak. Rencana yang disusun dengan seksama memberikan “cetak biru” yang Anda butuhkan untuk menentukan hasil yang diinginkan. Orang yang sangat efektif “Memulai dengan Tujuan Akhir” pada setiap tindakan.

PERNYATAAN MISI PRIBADI

Orang yang efektif menyusun dan menjalani pernyataan misi pribadinya menjadi kompas dan peta perjalanan hidupnya. Pernyataan Misi Pribadinya akan sangat membantu dalam membuat rencana, langkah-langkah dan pengambilan keputusan di saat-saat sulit. Perhatikan beberapa contoh pernyataan misi pribadi berikut ini sambil anda membayangkan bagaimana paradigma dan perilaku orang-orang tersebut dengan berpegang pada pernyataan misi pribadi masing-masing.

Misi Pribadi Yulia Dwi Indriani :

  1. Saya akan menjadi sahabat dan guru yang menginspirasi bagi anak-anak dan memberi suasana damai, ceria dan bahagia bagi lingkungan tempat tinggal saya.
  2. Selalu berpikir positif dalam sikap, ucapan, dan pola pikir.
  3. Bersikap bijaksana dan pengertian dalam pengambilan keputusan.
  4. Terus belajar dan selalu memperbaiki diri (continues improvement).
  5. Berusaha menciptakan kondisi semakin tua semakin bahagia.

MENYUSUN VISI PRIBADI

Peran Utama Tokoh Kunci Kata Penghormatan
Ibu Nafis, Nawwaf, Nadzim Kami bahagia dan bangga memiliki Ibu seperti Mimi, yang selalu mencurahkan kasih sayang dengan tulus, tempat curhat, selalu memberi motivasi dan semangat untuk melakukan kebiasan-kebiasan baik. Ibu yang bukan hanya mendidik tapi juga menjadi sahabat yang selalu mengingatkan kebaikan dan menciptakan suasana damai dan bahagia dalam keluarga.

 

Istri Abdul Aziz Siswanto Saya ridho dengan pengabdian dan kasih sayang yang dilakukan istri saya selama mendampingi hidup saya selama ini. Saya selalu mendoakan kebaikan dunia dan akhirat untuk bidadari surga yaitu istri saya tercinta Yulia Dwi Indriani.

 

Anak Mamah, Bapak, Aji, Yusni Mamah dan Bapak bangga sebagai orang tua karena memiliki anak yang solihah dan membanggakan seperti Yulia, karena sikapnya yang sopan santun pada orang tua, berjuang dan mandiri saat untuk melakukan perbaikan diri dan tidak pernah berhenti belajar.

 

Staf IPB Rekan Kerja, Pimpinan Saya bangga dengan kinerja bu Yulia karena integritas dan kesungguhannya dalam bekerja. Disiplin terhadap aturan dan bertanggung jawab.

 

Manajer Tim CSO IPB Kami merasa nyaman berada dibawah kepemimpinan bu Yulia, beliau bijaksana, mau mendengarkan keluhan dan masukan dari kami dan selalu bersikap adil terhadap semua tim kerja. Ibu Yulia juga mau berkorban dengan peningkatan kesejahteraan kami, semoga bahagia dunia dan akhirat aamiin.

MENGIDENTIFIKASI NILAI-NILAI DIRI

“Kita mendeteksi, bukan menciptakan misi hidup kita.” – Victor Frankl
Berikut ini ada lima langkah yang perlu anda lalui untuk membantu menemukan misi pribadi anda dan kemudiannya menyusunya menjadi Pernyataan Misi Pribadi.
Lakukan langkah-langkah berikut ini dengan tenang dan seksama. Renungkan dan pikirkan dalam-dalam sebelum anda menjawab. Ambil sebuah buku tulis atau buku gambar untuk mencatat dan menuliskan hasil penemuan anda dalam setiap langkah.

  1. Memikirkan seseorang yang berpengaruh pada diri Anda
  2. Menemukenali bakat dan anugerah alamiah anda.
  3. Menemukenali lima hal yang paling berharga bagi Anda
  4. Menemukenali hal-hal yang paling berharga dalam kehidupan pribadi anda
  5. Menemukenali hal-hal yang paling berharga dalam kehidupan professional anda

MENEMUKAN NILAI-NILAI DIRI

Pikirkan dengan tenang dan renungkan pertanyaan-pertanyaan di bawah ini lalu jawablah hasil pemikiran anda tsb.

1. Pikirkan dan tuliskan nama seorang sangat berarti dan telah membuat pengaruh atau perubahan positif dalam kehidupan anda (personal ataupun profesional). Kualitas atau karakter apa pada orang tsb yang menginspirasi anda dan bahkan anda ingin kembangkan dalam diri anda.
Nama : Pembimbing Thesis
Karakter yang dimiliki :
Memiliki keseimbangan antara ilmu dunia dan agama, Familiy Man, setia pada pasangan hidupnya, menghargai dan menghormati orang lain, tegas dan berwibawa.

2. Pikirkan dan tuliskan apa saja bakat atau talenta yang anda miliki.
Mudah belajar sesuatu yang baru, mudah beradaptasi dengan lingkungan baru, memasak, menulis berita, mengembangkan website dengan platform CMS.

3. Tuliskan 5 hal yang paling anda berharga dalam hidup ini
1. Ilmu dunia dan akhirat
2. Keluarga
3. Persahabatan
4. Kepercayaan dari orang lain
5. Tubuh yang sehat dan semangat hidup
4. Tuliskan hal-hal apa saja dalam kehidupan pribadi anda yang membuat kehidupan anda berharga.

Berserah diri kepada Allah, berpegang teguh pada keyakinan agama. Berpikir positif dan bersikap positif. Selalu belajar hal yang baru. Saling menghargai dan menghormati dengan seluruh anggota keluarga, suami , anak, keluarga, teman dan kolega.

5. Tuliskan hal-hal apa saja dalam kehidupan profesional anda atau pekerjaan anda yang membuat hidup anda berharga Menjadi bagian dari solusi bagi lingkungan professional di tempat kerja. Mampu bekerjasama dengan baik dan bijaksana dalam tim kerja. Membagi ilmu yang dimiliki dengan tim kerja dan lingkungan professional.

Perhatikan kembali jawaban anda tsb di atas. Garis bawahi/highlight kata-kata kunci yang muncul. Summary nya kata-kata kunci tersebut dalam kotak di bawah ini.

menghargai dan menghormati, belajar sesuatu yang baru, ilmu yang bermanfaat