Citra IPB University sebagai Kampus Inovasi mendorong Hubungan Masyarakat Kementerian Sekretariat Negara (Humas Setneg) Republik Indonesia untuk berkunjung dan bertukar pikiran, pengalaman, dan program-program diseminasi informasi dengan IPB University pada Kamis (18/7) yang diterima oleh Kepala Biro Komunikasi IPB di ruang sidang rektorat Gedung Andi Hakim Nasoetion Kampus IPB Darmaga Bogor.

Dalam sambutannya Asisten Deputi Hubungan Masyarakat Kementerian Sekretariat Negara, Eddy Cahyono Sugiarto, Ssos, MSi, menyatakan bahwa IPB University dalam kiprahnya telah menunjukkan prestasi kongkrit dalam inovasinya di bidang pertanian, peternakan, perikanan, kehutanan dan lain-lain. “Kerjasama dengan IPB dalam penggemukan kuda di Istana Cipanas merupakan salah satu kinerja IPB yang kami rasakan manfaatnya. Selain itu pemberian barcode pada tanaman hias di lingkungan istana untuk mengetahui kondisi kesehatan tanaman tersebut juga menjadi inovasi yang menarik dan bermanfaat bagi kami. Kementerian tertarik untuk menggali kerjasama dengan IPB sesuai fokus presiden pada salah satu pilar pengembangan SDM yang unggul menuju Indonesia Maju” ujarnya. Selain bertukar pikiran dan menggali lebih luas inovasi IPB yang dapat dikembangkan bersama, Eddy Cahyono juga didampingi tim Humas Setneg antara lain Faisal Fahmi, SH, MH selaku Kepala Bidang Pengelolaan Informasi Publik, Doni Akbar, SIP selaku Kepala Subbidang Komunikasi Publik, dan tim Humas Setneg lainnya. Dalam pemaparannya disampaikan tentang program kerja kehumasan yang saat ini sedang dilakukan secara berkala ke berbagai perguruan tinggi di Indonesia antara lain Binus University, Universitas Diponegoro, UNS, dan lainnya. Agenda program tersebut adalah mensosialisasikan Program Mantul 4.0 yaitu berupa enrichment program bagi mahasiswauntuk memberikan knowledge baru dan memperkaya wawasan menuju persaingan dunia kerja dalam bentuk kunjungan/studi tour ke Setneg/istana presiden untuk melihat lebih dekat kinerja pemerintah, bisnis proses perundangan, dan lain-lain. Program lain yaitu Internship yang saat ini sudah 9 angkatan (per angkatan 3 bulan diikuti mahasiswa tingkat akhir sebanyak 30-50 orang) untuk memperkaya wacana dan pengetahuan mahasiswa untuk bersaing di persaingan dunia yang semakin pesat. Kementerian Setneg saat ini sedang menggiatkan inovasi untuk meningkatkan pelayanan dalam bentuk peningkatan kualitas pelayanan publik, memudahkan pekerjaan dan pelayanan kepada masyarakat yang saat ini ada 152 inovasi yang sudah dikembangkan. Diseminasi inovasi ini disebarkan bersama kepada masyarakat luas termasuk mahasiswa untuk meningkatkan kualitas SDM menuju Indonesia maju yang dicita-citakan presiden 2020-2024.

Humas Sekretaiat Negara membawa cenderamata berupa buku kumpulan inovasi yang ditulis oleh Humas Setneg dan hal ini disambut baik oleh Kepala Biro Komunikasi Ir Yatri Indah Kusumastuti MS, “Kami sangat mengapresiasi kunjungan yang dilakukan Humas Setneg ini dan berterima kasih atas kunjungan ini dan ingin mengetahui lebih jauh dan lebih banyak untuk bekerjasama dengan Humas Sekretariat Negara. Kami juga merasa senang sekali mendapat buku ini karena dari sini juga akan menjadi inspirasi bagi kami yang saat ini sedang mengembangkan inovasi-inovasi bagi kegiatan-kegiatan pertanian dalam arti luas untuk kemajuan bangsa dimasa yang akan datang” ujarnya.

Selain berdiskusi ditampilkan pula produk video dari GreenTV untuk mendiseminasikan inovasi dan keunggulan IPB melalui berbagai rubrik yang telah dirancang dalam green highligt, green fact, dan green expo melalui akun youtube channel GreenTV. Diseminasi informasi inovasi IPB University dalam bentuk video ini merupakan wujud komunikasi efektif yang telah dilakukan IPB University.

Tamu kunjungan diajak berkeliling ruang-ruang display inovasi IPB dan Student Service Center dan diakhir acara tamu kunjungan dibekali dengan berbagai produk inovasi IPB yang telah dikemas secara apik oleh Agribusiness Technology Park (ATP) dan Produk Serambi Botani. (YDI)